Pages

Cara Mudah Membuat Urutan Angka di Excel


Ketika menyusun data, umumnya kita berkehendak mencantumkan nomor urut. Apabila data yang kita miliki itu sedikit, tidak jadi soal jika kita ketik satu per satu nomor urut yang dikehendaki, tapi jika Data yang ada itu banyak sekali tentu akan makan waktu jika menggunakan cara manual.

Ada beberapa cara untuk menampilkan nomor urut secara cepat. Diantaranya;
1. Tulis angka 1 atau angka lain yang dikehendaki. Kemudian klik dan drag ke bawah atau  ke samping sesuai penempatan. Lalu sebelum drag ini di lepas, klik button yang tampak di sisi kanan bawah (Auto fill Option), lalu pilih fill series. Maka secara otomatis nomor urut akan ditampilkan sebanyak drag rows atatu coulum yang kita kehendaki.                                           
                                                     Gambar 1

                                                     Gambar 2

                                                    Gambar 3

2. Cara ke dua adalah dengan menulis satu angka, kemudian turun pada row berikutnya dan tambahkan angka pertama tersebut dengan nilai 1. Kemudian copy ke bawah sesuai jumlah row atau coulum yang dikehendaki, maka secara otomatis urutan angka akan tercetak.






                                 
3. Cara ke tiga adalah cara yang melibatkan  rumus fungsi untuk bisa mengurutkan angka secara otomatis sekaligus menampilkan angka secara otomatis jika ada data yang tercatat. Dalam artian jika tidak ada data yang tercatat, maka angkapun tidak akan muncul. Agar lebih jelas saya tampilkan ilustrasi berikut :




Well...demikian tips dari saya, selamat belajar Excel. Oya, sekedar catatan, Jika menggunakan  cara ke 3 dalam mencatat nomor urut, maka data yang diinput tidak boleh lompat row, karena rumus tidak akan berfungsi dan akan muncul tampilan seperti ini;








0 komentar:

Posting Komentar